Wedang Ronde


Salah satu makanan khas jawa tengah ini sudah sering kita nikmati barangkali ya karena sudah banyak yang menjajalkan makanan khas ini ke semua daerah yang ada di indonesia alias mudah ditemukan di mana-mana, di restoran maupun dari pedagang yang mendorong sendiri gerobaknya. Wedang ronde biasa disebut sebagai cemilan atau minuman penghangat tubuh yang sering ditemukan jika malam hari pas sekali untuk menghangtkan tubuh dari angin malam yang sangat berbahaya. Banyak yang kesulitan untuk mengetahui asal usul wedang ronde namun wedang ronde ini pertama kali populer di daerah jawa tengah jadi semenjak itu banyak yang menyebut bahwa ini adalah makanan khas jawa tengah.

Indonesia yang kaya akan rempah-rempah dan masyarakat yang kreatif membuat minuman wedang ronde ini dari jahe ada yang menyebutkan juga bahwa minuman ini berasal dari orang-orang tiongkok yang datang ke sini namun entah apa kebenarannya yang terpenting sekarang minuman atau makanan tradisonal ini dapat terus dipertahankan oleh generasi muda ke depannya. Komponen utama dari wedang ronde adalah ronde itu sendiri yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tanah, selanjutnya ada kolang-kaling, potongan roti tawar, lalu tuangkan air jahe yang hangat dan manis jika ingin menaburkan kacang di atasnya itu bisa saja bagaimana selera masing-masing. Namun wedang ronde ini lebih cocok disebut sebagai minuman meski banyak sekali prenak-pernik seprti ronde, roti tawar, yang mesti di makan karena wedang dalam bahasa jawa yang artinya adalah minuman.

Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat wedang ronde pun mengalami banyak inovasi salah satunya dengan mewarnai ronde menjadi berbagai macam warna. Dengan ini kita harus bangga menjadi warga negara indonesia di mana di dalamnya terdapat banyak kekayaan alam juga budaya-budaya yang mesti kita lestarikan, salah satunya minuman wedang ronde yang jangan sampai hilang di telan zaman, generasi milenial harus sering-sering mencobanya karena minuman ini tidak kalah enaknya dengan minuman yang ada di cafe-cafe apalagi minuman ini mempunya khasiat yang bermnafaat bagi tubuh.

0 Response to "Wedang Ronde"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel