Tempe Mendoan, Sederhana Namun Enak


Tempe mendoan merupakan makanan tradisional yang berbahan dasar tempe, tempe sendiri sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas, tempe merupakan makanan yang sudah populer bahkan sampai ke luar negeri. Selain mengandung protein nabati yang banyak harga tempe juga masih terjangkau oleh karena itu banyak olahan-olahan yang berbahan dasar tempe salah satunya adalah tempe mendoan, yaitu makanan tradisional khas jawa tengah yang sangat terkenal di berbagai kalangan masyarakat indonesia, rasanya yang enak membuat makanan ini semakin banyak peminatnya. Mendoan berasal dari kata mendo yang artinya setengah matang atau lembek, jadi mungkin tempe mendoan adalah olahan yang dimasak setengah matang.

Mendoan sendiri adalah olahan tempe yang sudah dicetak tipis, dibungkus dengan daun pisang, dimasukkan ke dalam tepung cair yang sudah ada bumbu yang tercampur dan minyak panas untuk menggoreng sudah disiapkan. Mengggoreng tempe mendoan hanya bisa dilakukan sebentar saja sehabis itu langsung disajikan bersama sambal kecap dinikmati ketika masih panas akan menambah cita rasa tempe ini menjadi lebih nikmat. Tempe mendoan ini sudah banyak bisa ditemukan di mana-mana di kota-kota yang pastinya terdapat wisata kuliner di dalamnya, meski hanya berbahan dasar tempe tapi makanan tradisional ini merupakan makanan yang khas dan enak untuk disantap apalagi ketika masih hangat-hangat.

Kuliner sekarang sudah banyak memiliki inovasi dengan makanan-makanan baru yang telah lahir dan hadir mewarnai keihidupan masyarakat tinggal bagaimana pengelola makanan tradisioanl dapat bersaing dan mempertahankan makanan ini dengan sebaik-baiknya juga menambah bumbu-bumbu rahasia lain agar dapat meciptakan hal baru di bidang kuliner namun masih dalam koridor tradisional. Untuk itu kita perlu menjaga kelestarian budaya kita jangan sampai kita termakan oleh perkembangan zaman sehingga melupakan apa-apa saja yang telah menjadi kekasyaan bangsa indonesia. Tempe adalah salah satu makanan yang mesti sudah tidak kekinian namun masih menjadi makanan pokok di kalangan masyarakat apalagi jika pengelola tempe dapat menciptakan inovasi baru lagi barangkali ini akan menjadi suatu fenomena baru dalam bidang kuliner.

0 Response to "Tempe Mendoan, Sederhana Namun Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel