Pempek, Kuliner Tradisional Yang Masih Banyak Disukai


Pempek merupakan salah satu makanan khas palembang yang juga bisa kita temkan di mana-mana akibat tadi orang-orang banyak yang melakukan perantauan ke luar kota di mana mereka yang merantau membawa budayanya masing-masing, kuliner merupakan salah satu budaya juga.

Pempek ini merupakan camilan yang terbuat dari tepung sagu dan ikan, juga disajikan dengan kuah cokelat yang kental dan sedikit pedas, manis dan asam, ikan yang digunakan biasanya adalah jenis ikan tenggiri untuk membuat pempek khas palembang, namun karena masayarakat indonesia penuh dengan segala macam inovasi, maka ikan yang dipakai untuk membuat bahan oempek tidak hanya ikan tenggiri namn ikan-ikan lain juga banyak digunakan.

Kuah yang cokelat itu uga terbuat dari gula merah, dan idtambahkan dengan larutan cuka, asam jawa, dengan takaran sesuai selera tentunya, namun jika kita membeli di gerobak pedagang yang menjual pempek kita tidak akan bisa membuat kuah dengan takaran sesuai selera karena sudah disiapkan oleh pedagangnya.

Pempek sudah ada sejak dahulu sejak orang-orang luar memasuki wilayah di indonesia termausk di palembang, nama pempek ini berasal dari pangilan pembeli ke pedagang yang akhirnya dijadikan nama makanan khas palembang ini.

Untuk membuat pempek adonan yang dibutuhkan yaitu adonan ikan yang direbus terlebih dahulu sebelum digoreng, pempek juga memiliki banyak jenis. Rasanya yang kenyal, gurih dan aroma ikan yang lembut membuat cita rasa yang khas ini membuat makanan khas palembang banyak diminati.

Karena mudah ditemukan di mana makanan ini juga menjadi makanan yang sering dijajalkan di kantin-kantin sekolah, sepertinya sekarang bukan hanya orang palembang yang dapat membuat pempek orang-orang dari luar daerah palembang pun bia membuat pempek dengan berbagai resep yang sudah ada dan tersebar dari telinga ke telinga.

Inilah cara kita untuk mempertahankan makanan tradisonal agar tak tergerus oleh zaman, dan anak-anak milenial harus mengenal mkanan seenak ini karena tidak akan bisa digantikan oleh makanan moderen mana pun, pempek palembang yang selalu menjadi kerinduan penikmat kuliner.

0 Response to "Pempek, Kuliner Tradisional Yang Masih Banyak Disukai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel